Yuk Cari Tahu 6 Cara Cerdas Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Yuk Cari Tahu 6 Cara Cerdas Belajar Bahasa Inggris Otodidak

TheKops March 11, 2020

Bahasa ini telah didapuk sebagai bahasa internasional, dimana semua bidang pekerjaan membutuhkan kefasihan berbicara. Untuk menciptakan kemampuan terbaik, ada jasa kursus dengan jaminan pemahaman bahasa lebih dalam. Banyak biaya yang dikeluarkan sepadan dengan program yang terstruktur, mulai grammar hingga conversation. Namun belum menjamin hasil akhirnya. Sekarang anda tidak perlu khawatir, ada cara untuk belajar bahasa inggris otodidak. Yuk simak ulasan berikut.

Tips Jitu untuk Mengasah Kemampuan Bahasa

1. Kesampingkan Grammar Sejenak
Selama ini orang berpikir bahwa mempelajari bahasa asing ini harus menguasai tata kalimat. Secara disadari atau tidak, pemikiran seperti ini justru menghambat dalam proses belajar. Karena takut grammar salah, sehingga pikiran sibuk untuk merangkai kata saat berbicara. Padahal dalam percakapan utamanya menggunakan 3 pola yaitu, past tense, present tense, dan future tense. Penguasaan grammar bukan dengan menghafal, namun memprakterkannya dalam obrolan sehari-hari.

2. Mempertajam Listening Lewat Podcast
Di era modern sudah tersedia berbagai media untuk menunjang belajar, salah satunya aplikasi podcast. Carilah podcast berbahasa inggris, dimulai dengan materi ringan untuk membangkitkan mood belajar. Saat mengunduh podcast usahakan yang memiliki teks, agar dapat mengoreksi tulisan. Sambil mendengarkan anda bisa menulis isi podcast, kemudian cek tata kalimat yang tersusun. Agar belajar lebih efektif mintalah bantuan teman yang sudah jago, untuk membenahi susunan grammar.

3. Perkaya Kosakata dengan Menonton Film
Metode belajar paling menyenangkan adalah dengan menonton film dengan subtitle inggris. Pilih film yang paling disukai, atau film yang mudah dipahami bahasanya. Hal tersebut untuk proses belajar bertahap, jadi tidak terkesan terburu-buru mempelajari bahasa. Saat menonton gunakan subtitle english, agar dapat mengetahui kosakata yang diucapkan. Jangan lupa tulis kosakata baru lalu cari tahu artinya. Jika sudah terbiasa anda bisa menonaktifkan subtitle, untuk melihat perkembangan listening.

4. Biasakan Membaca Media Luar Negeri
Langkah cerdas untuk belajar bahasa inggris otodidak ialah sering membaca media asing. Hal ini berguna untuk memperkaya kosakata dalam bentuk baku atau formal. Disarankan untuk anda yang akan mengambil tes TOEFL ataupun IELTS, karena biasanya soal membahas tentang isu-isu global. Minimal membaca 1 artikel dalam sehari, lalu pilih minimal 10 kosakata baru untuk dicari tahu artinya.

5. Mencari Lawan Bicara
Poin ini adalah bagian terpenting untuk belajar bahasa inggris otodidak. Apabila sudah merasa skill listening dan kosakata meningkat, anda bisa mempraktekkan kemampuan berbicara dengan temanmu. Carilah lingkungan yang mendukung kemauan untuk mendalami bahasa, lalu ajak untuk berpartner sehingga bisa saling mengoreksi. Atau anda juga bisa saling bertukar pikiran dengan teman yang sudah mempelajari bahasa ini lebih lama.

6. Mengatur Jadwal Belajar
Meskipun anda belajar bahasa inggris otodidak, bukan berarti bisa bersantai ria. Jika sudah menetapkan tujuan, pantang untuk mundur dalam minat belajar. Tetapkan disiplin waktu dalam mengatur jadwalmu. Berlatih setiap hari adalah kunci kemahiran berbahasa lebih lancar. Sediakan waktu 30 menit hingga 1 jam untuk belajar. Tidak perlu khawatir melakukan salah, karena dalam proses belajar keliru adalah hal yang sangat wajar.
Itulah jurus andalan untuk mengasah keterampilan bahasa. Tidak perlu kursus dengan biaya mahal, anda bisa mempelajarinya secara otodidak. Kesungguhan dan sifat pantang menyerah akan menjadi kekuatan saat kehilangan minat belajar. Jangan takut apabila membuat kesalahan, tetap percaya diri dan terus berusaha. Karena untuk memperoleh kefasihan berbahasa dibutuhkan kebulatan tekad untuk terus belajar. Jadi siapkah memulainya dari sekarang ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *