Tips Cara Mendidik Anak Usia Dini Terbaik Dan Tepat

Tips Cara Mendidik Anak Usia Dini Terbaik Dan Tepat

Edward February 17, 2020

Anak merupakan aset yang tak ternilai nominalnya. Hal ini dikarenakan anak menjadi sebuah anugerah pemberian dari Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga sebagai orangtua wajib untuk mendidik, merawat, dan memberinya kasih sayang. Cara mendidik anak usia dini bukanlah hal yang remeh lantaran didikan dari orangtua berpengaruh besar terhadap kepribadian sang anak nantinya.

Banyak orangtua yang gagal dalam mendidik meskipun sudah berusaha semaksimal mungkin. Hal ini bukanlah salah orangtua semata melainkan juga dipengaruhi oleh faktor eksternal lainnya. Tidak mau itu terjadi pada Anda bukan? Berikut ini ulasan tips cara mendidik anak khususnya anak usia dini yang terbaik dan tepat.

1. Utamakan pendidikan agama
Agama sejatinya menjadi pondasi dasar sekaligus petunjuk bagi seluruh umat manusia. Maka dari itu, menanamkan pendidikan agama sangatlah penting dilakukan terlebih untuk membentuk akhlak anak menjadi lebih baik ketika dewasa. Selain disampaikan ada baiknya pendidikan agama ini juga dipraktekkan langsung pada anak yang sebelumnya telah dicontohkan orangtua.

2. Ajari anak untuk menjadi pribadi yang mandiri
Selagi masih usia dini, anak wajib untuk dilatih mandiri. Hal ini dilakukan agar anak tidak tumbuh sebagai pribadi yang manja dan tidak menggantungkan apapun pada oranglain. Cara sederhana untuk memulai melatih anak mandiri adalah dengan menyuruh memakai baju sendiri, mandi sendiri, dan makan sendiri. Salah di awal merupakan hal yang wajar namun tetap harus diingatkan sekaligus dibimbing.

3. Ajari anak untuk menulis dan membaca
Meski belum memasuki usia sekolah namun, sebagai orangtua yang baik wajib untuk mengajari anak menulis dan membaca. Menulis dan membaca merupakan kemampuan dasar yang memang harus dibiasakan sejak dini. Karena usia anak yang suka bermain maka tak ada salahnya Anda mengajaknya bermain sembari belajar agar anak tidak bosan. Ketika menulis dan membaca diajarkan sejak dini maka anak pun menjadi lebih siap dan matang ketika sudah memasuki usia sekolah.

4. Ajak anak untuk berinteraksi sosial
Lingkungan menjadi faktor penting pendukung kepribadian anak. Anak yang memiliki kepribadian baik bukan hanya tumbuh karena didikan orangtua melainkan juga didukung oleh lingkungan sosial yang baik. Cara mudah untuk memperkenalkan lingkungan pada anak adalah dengan membiarkannya bermain dengan teman sebayanya, atau bisa juga dengan sesekali mengajak sang anak ikut kegiatan orangtua.

5. Jangan sering memarahi anak
Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Maka pola pendidikan yang harus diterapkan juga berbeda pula. Menghargai setiap tingkah laku anak sangatlah penting. Selagi apa yang dilakukan anak tidak menyalahi aturan maka hindari untuk memarahinya. Namun, agar anak tidak menjadi pribadi yang manja sesekali Anda bisa memarahinya tentunya dengan kata-kata yang tak kasar.

6. Ajari anak untuk aktif berbicara
Salah satu aspek penting yang sering terlewatkan adalah kurangnya mengajari anak untuk aktif berbicara. Aktif berbicara disini bukan sekedar bicara melainkan aktif untuk mengutarakan pendapat atau keinginan anak dan sesekali boleh untuk memintanya memberikan usulan solusi ketika ada suatu permasalahan yang dialami oleh anak.

7. Ajari anak untuk hormat pada orangtua
Anak yang baik merupakan anak yang berbakti serta hormat pada orangtua. Bukan hanya pada orangtua kandung, sikap hormat atau sopan santun juga perlu dilakukan pada orang yang memang sudah tua.

Nah itulah beberapa cara mendidik anak usia dini dengan cara terbaik dan tepat. Dengan begitu anak pun bukan tidak mungkin tumbuh menjadi anak yang baik, dan membanggakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *