Review Seputar Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Belum Puput Pusar

Review Seputar Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Belum Puput Pusar

TheKops May 18, 2020

Seorang perempuan yang sudah menikah menganggap bahwa perannya sempurna tatkala sudah melahirkan sebuah bayi. Memiliki bayi merupakan impian terbesar bagi seorang perempuan. Mereka menganggap bahwa menjadi ibu adalah tugas sekaligus kewajiban yang bukan main-main. Meski begitu, kehadiran bayi di dalam suatu keluarga merupakan augerah dari Tuhan yang paling indah. Merawat bayi pun juga harus ekstra apalagi jika Anda belum mengetahui bagaimana cara memandikan bayi baru lahir yang belum puput pusar lantaran masih pemula.

Belum bisa itu merupakan hal yang wajar. Namun, bukan berarti Anda tidak wajib belajar. Berikut ini cara memandikan seorang bayu baru lahir dimana bayi tersebut belum puput pusar dengan baik dan benar. Penjelasannya akan dilakukan step by step sehingga memudahkan Anda untuk memahaminya.

1. Tahap persiapan
Segala sesuatunya pasti diawali dengan tahap persiapan. Karena sebagai ibu yang belum terlalu atau bahkan belum berpengalaman maka tahap ini begitu penting lantaran menjadi awal untuk langkah selanjutnya. Pada tahap persiapan ini karena bayi masih sensitif kulitnya maka alangkah baiknya ibu tidak bersikap tegang namun tetap tenang sembari bertanya pada orang yang telah berpengalaman.

2. Siapkan alat-alat yang diperlukan
Sebelum memandikan, ada baiknya Anda siapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan. Diantara peralatan yang diperlukan adalah bak mandi dengan suhu air antara 30 sampai 40 derajat celcius, baskom kecil, kapas bulat yang lembut untuk kulit bayi, seperangkat paket sabun bayi (sabun mandi, shampo, baby oil, baby cream, minyak kayu putih/minyak telon, dan bedak), kain kasa yang lembut dan steril, alkohol 70%, baju ganti bayi (meliputi bedong, sarung tangan, celana, sarung kaki, dan popok bayi), serta tak lupa handuk bayi.

3. Tahap memandikan bayi
Karena bayi yang akan dimandikan belum puput pusarnya maka memandikannya pun harus ekstra hati-hati. Berikut ini tahapan memandikan bayi yang tepat dan benar:

• Langkah pertama alasi bayi dengan perlak yang empuk dan jangan lupa juga mengalasinya dengan handuk khusus bayi agar kulit bayi tidak mudah lembab dan cepat kering ketika selesai memandikan.
• Posisikan bayi dalam kondisi berbaring serta tahan dengan tangan di bagian leher belakang bayi agar ibu bisa dengan mudah menyeka seluruh badan bayi.
• Selanjutnya lakukan penyekaan dimulai dari menyeka wajah dengan waslap lembut yang sebelumnya sudah dibasahi air hangat. Kemudian lanjut seka di bagian tubuh bayi lainnya secara perlahan-lahan hingga kaki. Jangan lupa seka di bagian lipatan tubuh bayi serta kuping bagian belakang. Karena dibagian tersembunyi tersebut seringkali kotoran menumpuk dan cukup sulit untuk membersihkannya.
• Akhir proses memandikan dengan emnyeka di bagian alat kelamin bayi dengan arah dari depan ke belakang.
• Setelah selesai akhir dengen mengeringkan tubuh bayi dengan handuk dan beri minyak telon serta bedak untuk menghangatkan tubuh bayi serta membuatnya wangi. Perlu diingat pula untuk mengoleskan baby oil pada bagian lipatan. Baru kemudian bayi diberi pakaian ganti yang bersih.

Karena kulitnya bayi yang begitu sensitif dan masih rentan maka kebersihan disetiap alat dan air yang digunakan menjadi yang utama diperhatikan. Itulah beberapa tips atau cara memandikan bayi baru lahir yang belum puput pusar dengan baik dan benar. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda melakukannya didampingi oleh yang sudah berpengalaman. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *