Mudah Dan Cepat, Berikut 5 Panduan Pengembalian Premi Axa Mandiri Insurance

Mudah Dan Cepat, Berikut 5 Panduan Pengembalian Premi Axa Mandiri Insurance

TheKops January 30, 2021

Saat berbicara mengenai asuransi, anda akan mengenal apa itu premi asuransi. Premi sendiri merupakan sejumlah biaya yang harus dibayarkan dalam jangka waktu sesuai kesepakatan. Namun, banyak orang berpendapat bahwa prosedur pengembalian premi adalah hal yang rumit. Untuk itu, simak panduan pengembalian premi asuransi berikut.
Panduan Pengembalian Premi Asuransi Yang Wajib Anda Tahu

1. Siapkan Bukti Bahwa Anda Selalu Membayar Premi Tepat Waktu
Saat memutuskan untuk menggunakan produk asuransi apapun, ada baiknya mempertimbangkan nilai preminya. Premi merupakan sejumlah biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya. Untuk itu, pastikan pendapatan atau penghasilan bulanan anda mencukupi untuk pembayaran premi. Usahakan untuk tidak telat dalam melakukan pembayaran premi.
Dengan memperhitungkan pendapatan, akan memberikan gambaran tentang kemampuan membayar premi bulanan. Kemudian, jadikan pembayaran premi ini sebagai kewajiban pengeluaran tetap tiap bulan. Jika anda tidak membayarkan biaya premi, maka suatu saat akan menumpuk dan menjadi beban tagihan yang bisa saja tinggi.

2. Mendatangi Pihak Asuransi
Setelah memastikan bahwa anda melakukan pembayaran premi secara tertib, maka bisa langsung mendatangi kantor asuransi. Untuk mengurus pengembalian premi, anda bisa datangi kantor cabang, kantor pusat, ataupun melalui customer service. Sebagai saran, anda bisa langsung datangi kantor secara langsung agar maksud dan tujuan anda tersampaikan jelas.

3. Utarakan Maksud Atau Tujuan Anda
Setelah anda mendatangi atau berhasil terhubung dengan perusahaan asuransi, lanjutkan tahapan dengan mengutarakan maksud atau tujuan anda kepada pihak asuransi. Sebagai informasi, di tahapan ini anda akan diajak berdiskusi dengan perwakilan dari kantor asuransi. Dalam proses diskusi inilah anda bisa menanyakan berbagai hal tentang pengembalian premi.

Umumnya, dalam sesi diskusi pihak asuransi akan memberikan gambaran mengenai berapa jumlah premi yang akan anda dapatkan. Ketahuilah bahwa jumlah premi tersebut didapatkan berdasarkan perhitungan mutlak. Apabila anda sudah sepakat dengan keputusan yang menjadi hasil dari diskusi, maka anda bisa melanjutkan prosedur pengembalian premi.

4. Melengkapi Dokumen
Setelah melewati sesi diskusi, anda akan diminta untuk melengkapi beberapa dokumen. Biasanya dokumen tersebut berisi mengenai perjanjian awal masa asuransi serta persyaratan untuk bisa mengurus pengembalian premi. Baca dan pahami dengan seksama dokumen yang disodorkan oleh petugas asuransi.

Apabila anda merasa ada hal yang belum dimengerti, mintalah kepada petugas untuk menjelaskannya. Selain itu, pastikan anda sudah mengisi formulir pengajuan tarik dana serta pembatalan polis. Pasalnya, formulir ini berfungsi sebagai pencair dana premi asuransi. Isi kedua formulir dengan teliti dan selektif untuk hindari kesalahan.

5. Menunggu Sisa Dana
Setelah berbagai persyaratan sudah dilakukan, langkah yang paling terakhir adalah menunggu dana premi cair. Perlu anda ketahui, di awal perjanjian pengajuan premi pihak asuransi akan menjelaskan bahwa dana premi yang dikembalikan tidak akan kembali seutuhnya. Oleh sebab itu, anda harus bisa menerima persyaratan ini.

Biasanya, waktu pencairan dana premi terhitung mulai dari 7 hari. Perhitungan ini dimulai sejak kali pertama anda menyerahkan berkas dan diterima oleh perusahaan asuransi. Yang perlu anda ketahui, tidak semua perusahaan asuransi dapat menjamin dana pengembalian premi. Oleh sebab itu, pilihlah asuransi Axa Mandiri yang menjamin pengembalian premi.

Sebagai nasabah, anda berhak untuk mengajukan kembali dana premi. Namun ingatlah bahwa berinvestasi untuk hari tua adalah sebuah kewajiban untuk kehidupan lebih terjamin. Oleh sebab itu, sisihkan dana anda dan mulailah menabung dan berinvestasi untuk hari esok yang lebih bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *