Kiat Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Kiat Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

TheKops February 13, 2020

Wanita adalah makhluk tuhan yang istimewa, dari wanita tuhan menitipkan garis keturunan, dari wanita juga kita mendapatkan banyak doa-doa bermakna. Sebagai wanita kita diharuskan tetap menjaga kebersihan agar kesehatan tubuh luar dalam tetap terjaga. Apalagi jika sudah menyangkut soal kesehatan reproduksi wanita, terkesan remeh padahal itu merupakan hal yang sangat penting. Untuk kamu yang sampai sekarang masih menganggap enteng mulailah lebih peka dan mengubah kebiasaan buruk. Jika kebersihan organ reproduksi tidak dijaga maka banyak penyakit yang akan bersarang dan masuk menyebar ke organ-organ yang lain. Kita bisa mencoba beberapa kiat untuk menjaga kebersihan reproduksi, salah satunya adalah dengan bahan-bahan alami.
• Menjaga kebersihan pakaian dalam
Organ luar wanita yang perlu dijaga adalah vagina. Bagian ini merupakan saluran yang menghubungkan bagian bawah rahim ke organ bagian luar, bagian ini juga dikenal sebagai jalan lahir. Kamu perlu dengan rutin mengganti pakaian dalam agar bakteri tidak masuk ke dalam vagina dan menyebar ke bagian lain seperti Rahim, ovarium , dan merusak kesehatan organ reproduksi kita. Gantilah setiap habis mandi atau jika dirasa sudah dalam keadaan kotor dan tidak nyaman. Apalagi saat menstruasi saat keadaan metabolisme dan hormon kita sedang tidak seimbang. Bakteri dan kuman akan lebih cepat berkembang biak. Saat menstruasi sebaiknya kamu menggunakan pembalut yang panjang jadi mengurangi resiko bocor di pakaian dalam.

• Menggunakan Alat Kontrasepsi

Untuk kamu yang sedang merencanakan menunda kehamilan, pakalilah alat kontrasepsi seperti kondom. Alat kontrasepsi juga bisa digunakan untuk mencegah penularan penyakit kelamin karena masuknya bakteri lewat organ reproduksi kita. Nah, inilah mengapa kita seagai wanita yang belum menikah dilarang untuk melakukan seks bebas. Seks bebas adalah jalan untuk masuknya penyakit-penyakit berbahaya bagi keamanan kesehatan organ reproduksi wanita. Hindari seks bebas sebelum terlambat. Hal ini sering abai di kota-kota besar sehingga catatan penyakit HIV/AIDS semakin meningkat. Himbauan pemerintaha akan bahaya seks bebas sebenarnya sudah ada, tapi sering tidak diindahkan. Hal yang bisa kita lakukan adalah membantengi diri kita sendiri dari pengaruh buruk yang ada di lingkungan sekitar.

• Mengonsumsi makanan sehat
Tubuh kita adalah apa yang kita makan, ungkapan itu benar adanya. Jika kita sering makan junkfood atau makanan berlemak, maka itu bisa saja berimbas pada organ dalam seperti jantung dan lambung. Begitupun dengan organ reproduksi. Sering-seringlah konsumsi buah-buahan , sayuran, biji-bijian, dan agar nutrisi dalam tubuh bisa seimbang. Walaupun sekarang kita masih belum merasakan dampak dari pola makan kita, baiknya dijaga dari sekarang agar saat masa tua nanti kita masih sehat dan bugar. Konsumsi makanan sehat juga penting saat wanita sedang dalam masa hamil.

• Rutin periksa kesehatan
Untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita kita, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin setidaknya sebulan sekali. Tindakan ini untuk berjaga-jaga seandainya di dalam tubuh kita terdapat penyakit mematikan yang berbahaya. Kamu bisa melakukan pemerikasaan kesehatan di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

• Gunakan bahan-bahan alami
Saat kondisi organ intim sedang mens dan lembab, pasti akan mengeluarkan bau yang tidak enak. Untuk mencegahnya kamu bisa menggunakan bahan alami seperti sirih asli atau yang sudah ada dalam kemasan. Gunakan secara rutin saat sedang mandi, sirih akan memberikan rasa segar dan bau wangi pada organ intim kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *