Kenali 4 Jenis Vaksin Corona yang Akan Digunakan di Indonesia

Kenali 4 Jenis Vaksin Corona yang Akan Digunakan di Indonesia

TheKops April 25, 2021

Kasus Corona atau Covid-19 di Indonesia saat ini belum menunjukkan adanya tanda-tanda akan berakhir dengan jangka waktu dekat. Namun, semakin banyak ditemui masyarakat yang malah terinfeksi virus Corona. Indonesia juga sudah menerapkan program vaksinasi virus Corona yang diperuntukkan kepada masyarakat. Berikut 4 jenis vaksin Corona Indonesia yang dapat anda simak.

Mengenal 4 Jenis Vaksin Corona yang Digunakan di Indonesia

1.Sinovac (CoronaVac)

Jenis vaksin yang pertama yaitu Sinovac atau bisa juga disebut CoronaVac. Vaksin jenis ini dikembangkan oleh perusahaan farmasi yang berasal dari China. Sinovac merupakan salah satu vaksin pertama yang didapatkan oleh pemerintah Indonesia. Guna untuk memulai program vaksin kepada masyarakat Indonesia itu sendiri.

Vaksin yang berasal dari China ini dibuat dengan metode virus yang telah mematikan, atau biasanya disebut dengan istilah inactivated virus. Melalui cara tersebut, maka tubuh mampu mengenali virus penyebab dari Covid-19. Tanpa harus terlebih dahulu menghadapi risiko infeksi terkena virus Corona yang lebih serius.

Salah satu fakta menarik dari vaksin Sinovac ini, yaitu sudah adanya sertifikasi halal yang pastinya aman ketika anda akan menggunakan vaksin untuk virus Corona ini. Terlebih kepada masyarakat yang beragama Islam vaksin Sinovac boleh digunakan sepanjang keamanan dari vaksin ini dapat terjamin.

  1. Novavax

Jenis vaksin Corona Indonesia yang kedua yaitu Novavax. Vaksin buatan perusahaan dari Amerika Serikat ini terbuat dari protein virus Corona rekayasa. Yang mana bertujuan untuk menginfeksi sel. Protein tersebut kemudian dikombinasikan dengan adjuvan Matrix-M Novavax agar dapat meningkatkan respons imun dari antigen protein.

Dilihat dari segi pembuatannya, vaksin Novavax ini cukup mirip dengan pembuatan vaksin influenza dan HPV (Human Papillomavirus). Peneliti ini memulai pembuatan vaksin novavax menggunakan gen spike yang telah dimodifikasi. Kemudian, para ahli pun memasukkan gen tersebut ke dalam virus yang berbeda (baculovirus).

Meskipun vaksin Novavax ini berasal dari urutan genetik virus corona terbaru, namun vaksin ini sudah mengandung antigen protein yang dimurnikan dan tentunya tidak dapat bereplikasi. Dengan begitu, dalam artian lain bahwa vaksin Novavax ini tidak akan bisa menyebabkan infeksi virus Corona atau Covid-19.

  1. AstraZeneca-Oxford

Vaksin virus Corona yang selanjutnya yaitu AstraZeneca yang dibuat oleh Universitas Oxford bersama mitranya AstraZeneca. Singkatnya, tim pengembang pada vaksin ini mengambil virus yang biasanya menginfeksi simpanse. Lalu dimodifikasi secara genetik untuk menghindari kemungkinan penyakit pada manusia.

Vaksin Corona Indonesia yang bernama AstraZeneca-Oxford yang telah dimodifikasi ini akan membawa sebagian dari virus Corona yang disebut dengan protein spike. Ketika vaksin dikirim pada sel manusia, nantinya memicu respons terhadap kekebalan pada protein spike. Yang akan menghasilkan untuk mengenali virus penyebab Corona.

  1. Pfizer-BioNTech

Vaksin Pfizer ini menggunakan teknologi berbasis messenger RNA (mRNA). Kelebihan teknologi ini yaitu bisa memproduksi lebih cepat dibandingkan dengan teknologi biasa. Perlu diketahui pula bahwa virus yang tidak aktif ini tidak akan menyebabkan rasa sakit. Akan tetapi mengajari sistem imun tubuh kita untuk dapat memberikan respons perlawanan.

Selain itu, dengan menggunakan mRNA, tubuh tidak disuntik dengan virus mati ataupun dilemahkan. Tetapi disuntik dengan kode genetik dari virus tersebut. Yang akan memberikan hasil pada tubuh untuk memproduksi protein yang dapat untuk merangsang respons imun. Dengan begitu, vaksin Corona Indonesia ini diharapkan berhasil dan dapat menurunkan kasus Corona di Indonesia

Beberapa jenis vaksin diatas adalah vaksin yang digunakan di Indonesia. Mungkin beberapa dari anda belum memahami tentang informasi vaksin Corona yang ada di Indonesia. Diharapkan, beberapa ulasan penting mengenai virus Corona dapat memberi anda wawasan serta pengetahuan baru yang lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *