Efek Buruk Yang Bakal Terjadi Pada Anak Korban Pilih Kasih Orangtua

Efek Buruk Yang Bakal Terjadi Pada Anak Korban Pilih Kasih Orangtua

TheKops February 5, 2020

Anak seharusnya menjadi kebanggaan orangtua dan sudah sepantasnya mendapatkan kasih sayang. Di dalam keluarga dengan banyak anak terkadang orangtua harus pintar-pintar memberikan kasih sayang dan perhatian sama rata antar anak. Namun, karena faktor tertentu seperti stress akibat banyak pekerjaan menjadikan anak merasa tidak diperhatikan. Bahkan anak merasa menjadi korban pilih kasih orangtua jika dibandingkan dengan saudaranya yang lain.

Hal ini seperti ini wajar lantaran setiap anak pasti menginginkan kasih sayang yang penuh dari orangtua. Namun, perlu diwaspadai juga karena hal seperti ini ternyata berdampak buruk terhadap perkembangan sang anak. Lantas apa efek buruk pada anak yang diakibatkan oleh kasus seperti ini?

1. Menghancurkan semangat dan jiwa anak

Efek buruk pertama yang diakibatkan oleh kurangnya kasih sayang orangtua adalah anak merasa jiwa dan semangatnya hancur. Hal ini dikarenakan kondisi psikologis anak menjadi terganggu dan bukan tak mungkin anak akan menjadi lebih minder. Anak memang tak boleh terlalu dimanja namun anak juga tidak boleh diacuhkan karena perihal sepele. Bagaimanapun keadaannya anak tetap wajib mendapat kasih sayang penuh dari orangtuanya meski saudaranya banyak.

2. Anak menjadi nakal

Akibat kurangnya kasih sayang dari orangtua, seringkali anak merasa bahwa dirinya tidak dianggap di keluarga sehingga anak pun mencari kebahagiaannya di tempat lain bersama teman-temannya. Apabila anak berada di lingkungan pertemanan yang kurang baik tentu ini akan berdampak pada tumbuhnya anak menjadi nakal dan sulit diatur.

3. Prestasinya menurun

Karena merasa tidak disayangi oleh kedua orangtuanya, maka seringkali anak tidak mau tahu atau acuh terhadap apa yang diperintah orangtua. Apalagi jika anak sering juga mendapat kata-kata kasar. Hal seperti inilah yang berefek buruk pada menurunnya prestasi sang anak di sekolah.Cara agar anak tidak merasa kurang kasih sayang
Nah, sebagai orangtua yang bauk bagaimana caranya agar rasa tersebut tidak terlintas di benak sang anak? Berikut cara lengkapnya.

1. Hindari kebiasaan membandingkan sang anak

Langkah pertama yang bisa orangtua lakukan adalah dengan tidak membanding-bandingkan anak baik dengan saudaranuya maupun dengan anak tetangga. Setiap anak memiliki potensinya masing-masing. sehingga kebiasaan membanding-bandingkan seperti ini bukannya malah memotivasi justru malah menjatuhkan mental sang anak. Alhasil bukannya prestasi yang meningkat justru anak semakin stres dan tertekan.

2. Bangun komunikasi yang baik dengan anak

Memiliki anak yang banyak bukan menjadi suatu alasan untuk tidak membangun komunikasi yang baik kepada setiap anak. Anda sebagai orangtua bisa membangun komunikasi yang baik dengan seringnya bertanya mengenai kegiatan setiap anak ketika kumpul bersama keluarga atau bisa juga dengan sengaja bertanya kepada mereka satu-persatu.

3. Memberikan apresiasi yang sama kepada anak

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan apresiasi yang sama pada setiap anak. Misalkan saja ketika ujian kenaikan kelas dan ternyata semua naik kelas meski tidak semua menjadi juara kelas, Anda bisa memberi semua anak hadiah yang tentu nilainya berbeda untuk memberi motivasi anak tetap belajar agar mendapat hasil yang sesuai harapan.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai efek buruk yang terjadi pada anak korban pilih kasih orangtua serta cara bagaimana anak tidak merasa kekurangan kasih sayang. Antara orangtua memang memiliki metode yang berbeda-beda ketika mendidik anak namun, pada intinya semua metode diterapkan agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik serta sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orangtua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *