Cara Mengatasi Anak Nakal Usia 3 Tahun, Orangtua Wajib Tahu!

Cara Mengatasi Anak Nakal Usia 3 Tahun, Orangtua Wajib Tahu!

TheKops May 3, 2020

Mendidik anak menjadi sesuai dengan yang diharapkan yakni berkepribadian baik serta patuh pada orangtua memang susah-susah gampang. Diperlukan ekstra usaha untuk mendidik apalagi jika anak merupakan anak yang cenderung aktif. Usia 3 tahun atau usia dini selain proses perkembangan dan pertumbuhannya yang mencapai masa emas juga kebanyakan anak menjadi lebih terlihat nakal. Alhasil banyak orangtua yang sering kewalahan untuk mengatasinya meski sudah berbagai cara mengatasi anak nakal usia 3 tahun sudah dilakukan.

Kenakalan yang dialami anak sebenarnya bukanlah keinginan anak itu sendiri melainkan berangkat dari banyak faktor salah satunya kesalahan orangtua ketika mendidiknya. Entah karena seringnya mendapat kata-kata kasar, orangtua yang kurang perhatian atau faktor lain yang juga bisa membuat anak menjadi nakal. Lantas bagaimana cara mengatasi anak yang terlanjur nakal? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Cari tahu penyebab anak nakal
Langkah pertama untuk mengatasi anak yang sudah terlanjur nakal adalah ketahui terlebih dahulu penyebab ia nakal. Hal ini dikarenakan anak yang nakal terkadang karena sebuah bentuk pelampiasan tatkala anak merasa tidak diperhatikan. Atau bisa juga karena teman sebayanya yang mengajaknya berbuat nakal. Ketika orangtua mampu mencari tahu penyebab anak nakal, maka mengatasinya pun menjadi lebih mudah.

2. Jangan terlalu sering menyalahkan anak
Anak yang nakal bukan berarti harus selalu mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari orangtuanya. Memang mungkin apa yang dilakukan oarngtua untuk mendidik anak tersebut menjadi lebih baik, namun jika terlalu berlebihan tentu efeknya juga tidak baik. Senakal apapun anak alangkah baiknya jika Anda sebagai orangtua tidak terlalu sering menyalahkannya justru seharusnya dibimbing dengan perkataan yang lembut.

3. Hadapi anak dengan tenang dan sabar
Menghadapi anak yang nakal bukanlah dengan kekerasan melainkan justru dengan sikap yang tenang penuh kelembutan serta hati yang sabar. Sikap seperti ini diperlukan lantaran anak diharapkan akan sadar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu dan bertambah usia anak.

4. Jangan sekali-kali memberikan label nakal pada anak
Anak merupakan cerminan dari orangtuanya. Manakala anak nakal maka yang seharusnya disalahkan adalah orangtuanya bukan anak. Anak sejatinya diciptakan sebagai pribadi yang bersih manakala anak nakal maka itu adalah hasil didikan orangtuanya yang salah. maka dari itu, hindari atau jangan sekali-kali Anda melabeli anak sebagai anak yang nakal karena label seperti ini sangatlah tidak baik untuk perkembangan anak kedepannya.

5. Sesekali berikan pujian pada anak
Cara menghadapi anak yang nakal bukan berarti harus dengan sikap tegas penuh pertentangan. Sesekali Anda juga bisa memberikannya pujian manakala anak melakukan sebuah kebaikan sehingga anak pun merasa diapresiasi. Dengan begitu diharapkan anak pun bisa mengulangi perbuatan baiknya lagi. Namun, perlu diingat terlalu sering memberi pujian pada anak juga efeknya tidak baik karena anak harus diajari bagaimana bisa berbuat baik tanpa mengharap pujian atau pamrih.

6. Berikan contoh yang baik
Cara menghadapi anak yang nakal selanjutnya sekaligus menjadi inti adalah dengan sering orangtua memberikan contoh yang baik. Anak adalah peniru yang ulung. Maka dari itu, contohkan apa-apa yang baik sehingga anak pun bisa meniru segala sesuatu hanya yang baik.

Nah itulah beberapa cara mengatasi anak nakal usia 3 tahun khusus untuk orangtua yang kewalahan menghadapi tingkah laku sang anak. Mulai sekarang instropeksi diri Anda dan jangan sekali-kali menyalahkan anak karena anak adalah cerminan dari orangtuanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *