Apa Spesifikasi Kulkas Hemat Listrik?

Apa Spesifikasi Kulkas Hemat Listrik?

TheKops May 18, 2020

Kesadaran akan penghematan energi saat ini semakin gencar dilakukan. Dengan melakukan penghematan akan hal tersebut juga akan berpengaruh besar kepada banyak hal. Tak dapat dipungkiri jenis perabotan atau benda elektronik yang digunakan juga semakin beragam. Seperti misalnya adalah benda elektronik berupa kulkas yang digunakan di rumah. Kemudian, bagaimana spesifikasi dari kulkas yang masuk di kategori hemat listrik?

5 Spesifikasi untuk Kulkas di Kategori Hemat Listrik

1. Adanya Label Energy Saver atau Energy Star
Salah satu spesifikasi dari kulkas yang hemat energi adalah memiliki label energy saver. Label energy star biasanya juga akan terdapat pada kulkas dengan kategori jenis ini. Dari dua jenis label tersebut akan membantu Anda dalam memilih kulkas yang hemat energi. Dengan teknologi tersebut juga bisa memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Misalnya adalah akan lebih menghemat anggaran pengeluran dari pemakaian kulkas tersebut.

2. Terdapat High Moisture Switch
Beberapa jenis lemari es yang ada di saat ini telah dilengkapi dengan high moisture switch. Jika disebut dalam bahasa Indonesia, maka hal ini biasa dikenal dengan istilah saklar untuk menghemat energi. Dengan saklar tersebut akan membantu pencegahan adanya proses kondensasi pada kulkas tersebut. Saklar pada kulkas kualitas terbaik yang Anda pilih dapat diubah ke posisi off untuk membantu menghemat energi yang diperlukan.

3. Memiliki Fungsi Defrost
Bagi Anda yang tidak menginginkan membersihkan adanya bunga es, maka lemari es jenis ini layak untuk Anda pilih. Dengan spesifikasinya berupa fungsi defrost, akan membantu Anda dalam membersihkan kulkas yang ada dari bunga es. Pencairan dari bunga es tersebut akan berlangsung begitu Anda menekan tombol yang ada. Spesifikiasi ini sendiri biasanya disematkan pada jenis kulkas dengan 2 buah pintu.

4. Adanya Multi Air Flow
Salah satu jenis fitur yang ada pada lemari es hemat energi adalah multi air flow. Dengan fitur tersebut akan membantu penyebaran suhu dingin di kulkas dengan lebih merata. Dengan hal tersebut tentu juga akan berpengaruh pada pengawetan bahan makanan yang ada di dalamnya. Dengan spesifikasi berupa multi air flow pada kulkas kualitas terbaik tersebut diharapkan mampu membantu penghematan energi yang diserap.

5. Pengaturan Rak yang Teratur
Tidak hanya bagian luar saja, sebelum membeli kulkas Anda juga dapat memperhatikan bagian dalam kulkas tersebut. Perhatikan bagian rak yang menyusun isi kulkas. Pilih jenis kulkas yang memiliki rak teratur dan mudah dipindahkan. Dengan hal tersebut akan membantu Anda dalam mengatur sisi kulkas ke depannya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada sirkulasi udara, suhu, dan juga energi yang diperlukan di dalamnya.

6. Tidak Adanya Fitur Tambahan
Tak dapat dipungkiri bahwa adanya fitur tambahan jenis tertentu pada lemari es akan menghasilkan pemborosan pada energi yang ada. Misalnya ialah fitur hot and cool pada kulkas. Pada jenis kulkas tertentu memang diketahui memiliki fitur hot di dalamnya. Fitur lain yang dapat menyedot cukup banyak energi ialah fitur water dispenser dan juga automatic ice maker yang ada di dalamnya.

Sebagai salah satu cara untuk melakukan penghematan energi adalah dengan memilih perabotan elektronik yang tepat. Terdapat beragam spesifikasi yang bisa Anda temui untuk jenis lemari es tersebut. Seperti misalnya ialah adanya label energy saver dan energi star di dalamnya. Fitur lain seperi high moisture switch dan multi air flow juga akan terdapat pada kulkas pada tipe tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *