Penting Untuk Diingat, Inilah Pesan Ibu Untuk Anak Perempuannya Yang Akan Menikah

Penting Untuk Diingat, Inilah Pesan Ibu Untuk Anak Perempuannya Yang Akan Menikah

TheKops March 11, 2020

Banyak perempuan yang usianya sudah cukup sangat mendambakan sebuah pernikahan. Bahkan mereka sangat khawatir tatkala teman sebayanya sudah menikah sedangkan dirinya belum. Pernikahan merupakan suatu keadaan dimana seorang perempuan dan laki-laki bersama membina sebuah rumah tangga. Namun, fatalnya banyak orang yang menganggap bahwa dengan menikah cepat mereka akan hidup bahagia. Padahal tidak demikian, didalam sebuah rumah tangga tentu akan terjadi beberapa konflik yang justru akan mendewasakan kedua insan manusia tersebut. Maka tak heran jika sebelum pernikahan, pesan ibu untuk anak perempuannya selalu tersemat karena para ibu tersebut ingin pernikahan anak perempuannya sesuai dengan apa yang diharapkan.

Nasehat-nasehat untuk anak perempuan ini sangatlah banyak mengingat perempuan menjadi peneduh ketika rumah tangganya sedang panas. Belum lagi tugas seorang perempuan sangatlah berat selain berbakti pada suami juga harus bisa mendidik anaknya kelak dengan baik dan benar. Tentu hal pendidikan seperti ini tak ada di bangku sekolah melainkan berasal dari wejangan-wejangan orangtua yang telah lebih dulu atau berpengalaman dalam membina rumah tangga. Berikut ini beberapa pesan atau nasehat ibu untuk anak perempuannya yang akan menikah.

1. Wajib taat kepada suami
Pesan yang sering ibu sampaikan tentu saja kewajiban seorang istri untuk taat kepada suami. Kewajiban ini bahkan sangat ditekankan oleh nabi Muhammad SAW. Ketaatan disini selain tidak membantah perintah suami juga wajib untuk memenuhi semua hak-hak suami serta ikut mengingatkan sang suami apabila menyimpang. Ini sebagai bentuk upaya juga untuk menciptakan rumah tangga yang harmonis.

2. Berikanlah suami perhatian
Rumah tangga akan sangat harmonis tatkala antara suami dan istri bisa bersinergi dalam membina rumah tangga. Masing-masing peran memiliki tugasnya masing-masing namun, akan lebih baik ketika tugas tersebut dikerjakan berdua. Selain itu, suami agar betah di rumah tentu membutuhkan perhatian lebih dari istrinya apalagi jika suami sudah capek kerja. Memperhatikan suami dengan memanjakannya selain mempu membuatnya senang juga bernilai ibadah.

3. Jagalah harta suami dan simpan aib keluarga
Pesan ibu yang sering diucapkan selanjutnya adalah seorang istri wajib untuk menjaga harta suami. Terlebih ketika suami berada jauh darinya. Harta disini bisa berupa harta fisik maupun juga diri seorang istri sendiri. Selain menjaga harta, seorang istri juga wajib untuk menutupi atau tidak mengumbar aib keluarga. Simpan baik-baik dan biarkan aib atau kejelekan tersebut hanya suami istrilah yang tahu. Upayakan untuk selalu menampakkan kebaikan suami sebagai bentuk perwujudan menjaga kehormatan sang suami.

4. Selalu tampillah yang menawan dihadapan suami
Di dalam rumah tangga apalagi yang baru menikah seringkali diterpa banyak masalah. Hal ini merupakan sebuah pembelajaran bahwa membina rumah tangga itu bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan kerjasama antar keduanya untuk bisa berdiri tegak. Seberapa banyak usia pernikahan sebagai seorang istri wajib untuk selalu tampil menawan di hadapan suami. Selain untuk menyenangkan sang suami, hal tersebut juga bisa digunakan sebagai upaya untuk memupuk rasa cinta diantara keduanya. Pun juga menghindarkan rumah tangga dari godaan luar.

Itulah beberapa pesan ibu untuk anak perempuannya tatkala akan menikah. Orangtua khususnya ibu hanya ingin anak perempuannya hidup bahagia bersama pasangan yang dipilihnya. Meski begitu, sebagai anak baik perempua ataupun laki-laki meski sudah menikah dan berkeluarga tetap harus berbakti pada orangtua yang telah bersusah payah membesarkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *